Senin, 14 Januari 2008

Wabah Chikungunya

Chikungunya Ancam Warga
Kamis, 03-01-2008 | 00:13:45

MARTAPURA, BPOST - Di musim hujan, warga diingatkan agar mewaspadai penyebaran penyakit chikungunya yang disebabkan oleh virus chikungunya yang ditularkan melalui gigitan nyamuk aedes aegypti.

Penyakit yang kini tengah menyerang ratusan warga di Jateng dan Jakarta yang tengah dilanda banjir itu, kini juga menyerang sejumlah warga di Kabupaten Banjar.

Penyakit ini memang jarang mengakibatkan penderitanya meninggal dunia. Namun, warga yang terserang penyakit ini akan mengalami rasa sakit yang cukup lama, yakni selama seminggu akan mengalami rasa sakit pada bagian persendian.

Berdasarkan data di Dinkes Banjar, selama Januari hingga Desember 2007 memang tak ditemukan warga yang terserang chikungunya baik di RSUD maupun di Puskesmas-puskesmas.

Namun, seiring peningkatan curah hujan di awal Januari 2008 ini, dikhawatirkan penyebaran penyakit ini di Kabupaten Banjar. Dyah (31), ibu rumah tangga di RT 6 Desa Sungai Sipai, Martapura, dalam tiga hari terakhir ini mengalami demam disertai nyeri di seluruh persendian tubuhnya.

Ibu dua anak itu pun merasa tak bisa bergerak dengan nyaman karena setiap pergerakan yang dilakukan akan diiringi rasa sakit yang luar biasa pada persendian.

“Kemarin sudah diperiksakan ke dokter dan dikatakan mengalami gejala chikungunya. Untuk sementara rasa sakit berkurang setelah meminum obat dari dokter,” tuturnya.

Selama tiga hari ini, ia tidak bisa beraktivitas seperti biasanya dan harus terus berbaring di tempat tidur. “Bergerak sedikit saja sakit. Apalagi kalau harus bangun dari tempat tidur,” katanya.

Kadinkes Banjar, drg Toto Medyanto yang dikonfirmasi Rabu (2/1) berharap masyarakat mewaspadai penyebaran penyakit ini.

Masyarakat diharapkan menjaga stamina tubuh dengan menjaga makan dan minum serta gizi yang bagus.

“Untuk memastikan positif atau tidaknya memang harus melalui pemeriksaan laboratorium terhadap sampel darah penderita,” katanya. MTB/ofy

Gejala
• Diawali dengan demam, flu dan batuk
• Bintik-bintik merah dikulit namun tidak khas seperti DBD
• Nyeri pada persendian di sekujur tubuh
• Dan pada tingkat yang parah mengakibatkan tubuh tak bisa bergerak atau seperti lumpuh

Pencegahan
• Jaga dan tingkatkan daya tahan tubuh dengan menjaga makan dan minum serta dengan gizi yang bagus
• Jaga kebersihan lingkungan tempat tinggal dengan melakukan 3M
• Bila ada gejala-gejala segera ke dokter, rumah sakit atau puskesmas terdedkat

Tidak ada komentar: